Selasa, 26 Agustus 2014

Pengalaman Menghadapi Update Algoritma Google

Algoritma Google tidak henti-hentinya menjadi perbincangan di kalangan blogger. Kebanyakan updatenya membuat para blogger resah, gelisah, galau, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari mereka yang galau adalah mereka yang kena amukan algoritma google. Yang semula bertrafik ratusan ribu dipangkas habis menjadi ribuan, yang semula ribuan menjadi ratusan bahkan puluhan atau yang lebih parah lagi deindex. Hal tersebut adalah hal yang biasa dihadapi oleh para blogger ketika mendapati update algoritma google. Entah penguin, panda, humingbirds dan yang baru-baru ini adalah pigeon. Saya tidak tahu jelas apa maksud dari algoritma-algoritma tersebut. Yang jelas google tampak berusaha dengan keras untuk membersihkan SERP dari spam blog. Kadang blog manualpun tak luput dari sapuan si mbah. So, bagaimana menghadapi update algoritma google? Berikut adalah cara menghadapi update algoritma google.

1. Acuh
2. Acuh
3. Acuh

Ya, Acuh adalah satu-satunya cara yang ampuh untuk menghadapi amukan algoritma google. Kenapa harus acuh? Berikut adalah alasan kenapa harus acuh:

1. Yang perlu kita ketahui bahwa Google adalah robot, dalam hal ini adalah perangkat lunak/program yang bekerja berdasarkan algoritma. Algoritma tidak luput dari yang namanya kesalahan, maka dari itu kadang algoritma perlu dites untuk mengetahui performance dari algoritma tersebut. Jadi ketika kita yang sudah susah payah ngeblog manual tapi ternyata tak luput dari amukan algoritma, mungkin kita hanya sedikit sial saja karena algoritma tersebut tidak tepat sasaran.
2. Sapuan algoritma google bisa jadi hanya sesaat saja, seperti yang saya jelaskan di atas. Mungkin performa dari algoritma tersebut masih belum maksimal. Dan yakinlah jika kita sudah ngeblog manual suatu saat pasti akan naik lagi trafiknya. Yang jelas "Man Jadda Wa Jada", tetap semangat sob.

Jadi, apapun updatenya tetap acuh. Yang biasa ngeblog manual tetap lanjutkan aktifitas kalian. Tak usah mempedulikan algoritma google. Karena apa? Dengan memikirkan algoritma, resah, galau, dan lain sebagainya kita akan kehilangan waktu produktif kita untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat dan menghasilkan. Saya sendiri tidak pernah memikirkan algoritma google, blog yang down saya biarkan saja, tidak saya urusi, tidak saya kasih backlink, tidak melakukan apa2 dan alhamdulillah bisa naik lagi. Lihat grafik berikut:


Jika kita lihat dari grafik di atas, trafik sering naik turun, bahkan sempat 0. Ya, pas trafik down adalah saat dimana google update algoritma. Saya ndak nglakukan apa2 pada dua blog di atas, saya biarkan akhirnya naik sendiri. So, daripada pusing mikirin update si mbah, mending kita melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

1 komentar:

  1. suka dengan tulisan ini. sangat sederhana tetapi sangat baik menurut saya. siap. melanjutkan produktifitas dengan acuh dan acuh . sip...

    BalasHapus

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.