Kamis, 27 Juni 2013

Cara Mengatasi General Error Epson T 13x dan Tipe Serupa

Kemarin saya mendapatkan servisan epson t13x. Saya tanya anak depan (tukang nerima servisan) kata si pemilik masalahnya "nggak bisa dibuat ngeprint mas". Tidak spesifik sama sekali, saya anak belakang bingung. Tapi si pemilik sudah kabur sebelum sempat saya interogasi lebih lanjut. Akhirnya saya test printer tersebut. Pertama saya nyalakan statusnya normal dan tidak ada error (Ready to Print). Setelah saya test page ternyata muncul warning general error. Isi pesannya sebagai berikut:
Delete all print jobs and turn the printer off. Remove any foreign objects from inside the printer. After a few minutes, turn the printer back on.
Penampakan general error epson t13x:
Cara Mengatasi General Error Epson T 13x
Berikut step by step mengatasi general error epson t13x:

Step 1:
Sesuai warning, saya mencoba memastikan apakah ada benda asing di dalam printer. Jika ketemu akan saya singkirkan. Tapi ternyata tidak ada benda asing sama sekali. Selang infus saya tarik ke kanan dan ke kiri juga lancar tidak ada benda asing yang menghalangi. Berarti epson bohong, masalahnya bukan itu.


Step 2:
Infus saya lepas dan saya bongkar total epson t13 itu, seperti gambar di bawah ini:

bongkar total epson t13

Setelah saya bongkar, bersihkan semua komponen, rakit kembali. Ternyata belum normal juga gan, masih muncul pesan general error di layar monitor.

Step 3:
Saya coba ganti sensor penggerak rolnya, karena setelah saya amati ada goresan. Ternyata masih belum bisa. Berikut penampakan komponen2 yang saya ganti.

komponen epson t13x
Keterangan:
1. sensor penggerak rol
2. chip catridge atau apalah namanya, kalau nggak salah carriage
3. mainboard

Step 4:
Saya mencoba mencari referensi di internet tentang cara mengatasi general error epson t13x. Rata-rata memvonis mainboardnya. Akhirnya saya mencoba memindah mainboard printer ini ke printer satunya dengan tipe yang sama tentunya. Ups, berjalan normal di printer satunya. Kesimpulan: mainboard epson t13x ini dalam keadaan sehat wal afiat alias normal.

Step 5:
Saya ganti chip catridgenya (sebelumnya saya bersihkan dulu), ternyata tetap tidak bisa. Saya berfikir mungkin ada masalah di chip catridge sehingga terjadi miss communication antara mainboard dan head. Ternyata chip normal

Step 6:
Kalau di step ini masih belum bisa, printernya mau saya balikin ke yang punya dengan mengucap "saya nyerah pak". Ah, malu sebenarnya, udah 3 tahun bergelut di bidang kuli masak nggak bisa. Akhirnya, ternyata, di step ini saya berhasil mengatasi general error epson t13x. Masalahnya terdapat pada head unitnya. Coaba lepaskan dan bersihkan, jika tetap tidak bisa gantilah head unit dengan yang baru. Alhamdulillah dengan mengganti head unit akhirnya masalah general error epson t13x ini teratasi. Terima kasih ya Allah, nggak jadi bilang "saya nyerah pak". Jika bingung bagaimana cara melepas head unit epson t13x, teman2 bisa melihat video yang saya buat dengan hp jadul pinjaman berikut:


Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi untuk mengatasi general error epson t13x. Bisa diterapkan di tipe epson lainnya.

13 komentar:

  1. terma kasih buanyakkk pak, God Bless You

    BalasHapus
  2. termakasih Gan..infonya......udah ane coba 100% berhasil..........lancar lagi printer ane........

    BalasHapus
  3. cara chek sensor penggerak roll gimana ya

    BalasHapus
  4. epson t13 saya general error.dah sya resetter jga masih belum bisa.setiap ready saya pakai untuk ngeprint muncul general error.dah sya bongkar dibersihkan.fuse saya ceh normal.head sya coba ganti bekasnya dlu jga g bisa .selalu muncul error 21000068.apa lagi ya gan tlong solusinya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan di mobo nya mas, coba dikanibal dulu sama mobo yang bisa

      Hapus
  5. gan kalo abis bongkar motherboard, pas dipasang kok catridge nya ngamuk, langsung nabrak ke kiri, nabraknya ke arah parkiran catridge. mohon bantuannya gan.

    BalasHapus
  6. bgmn cara mengatasi print epson error lampu hijau nya kedip.

    BalasHapus
  7. harga nya berapa an ya mas head unit nya dan kira2 bisa dibeli dimana?

    BalasHapus
  8. klo sampe bongkar bgitu ,, blm pernah,, tkut fatall,, apalg yg sy urus ini bkn printer pribadi,, tp milik kantor,, apa ad cara yg lebih mudah??? trims sbelumnya :D

    BalasHapus
  9. ok terima kasih sangat membantu kalo penjabarannya jelas di sertai gambar

    BalasHapus
  10. Thanks Man Works.
    tapi kalau bisa videonya diganti dengan link yang idup

    thank you

    BalasHapus

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.