Kamis, 07 Oktober 2010

Bikin Efek Sketsa Wajah dengan Photoshop

Muter-muter di google, kesasar deh di ilmugrafis.com, searching artikel di situ, ketemu deh cara bikin sketsa. Walaupun sudah banyak yang menulis tutorial ini, tapi nggak ada salahnya dong saya tulis lagi dengan versi saya sendiri. Ini kan blog diaryku. Aku baru bisa kemaren dan aku ingin menulis di blog ini agar sewaktu-waktu lupa bisa tinggal baca di blog ini. Buat yang udah master photosop ini sangat mudah sekali, tapi buat newbe seperti saya ini hal yang sangat berharga. Jadi, buat para master yang kesasar baca ini, saya minta sarannya dan buat yang baru tahu semoga bisa menambah ilmu kita. Amiin. OK deh langsung aja ya dimulai, kebanyakan ngomong nih aku. Hehehe

Berikut langkah-langkah yang saya tempuh dalam pembuatan sketsa wajah:
1. Ambil gambar buat percobaan membuat sketsa, bisa cari di internet, buanyak. Ini gambar yang tak buat uji coba, nggak tahu ini gambar siapa :


2. Buka photoshop Anda, terserah mau versi berapa. Dalam hal ini saya pakai Photoshop CS 4. Buka gambar tadi dengan photoshop Anda.
3. Double klik pada backgound untuk mengubahnya menjadi layer.
4. Duplikat layer tadi dengan shortcut keyboard Ctrl+J




5. Beri efek desaturate dengan cara klik menu image-->adjustment-->desaturate atau dengan menekan Shift+Ctrl+U, hasilnya sebagai berikut:


6. Duplikat layer yang sudah di desaturate tadi dengan menekan tombol Ctrl+J, 
7. Kemudian klik menu image-->adjustment-->invert, sehingga gambar menjadi seperti ini:


8. Kemudian ubah mode layer yang semula normal menjadi color dodge, sehingga gambar akan menjadi putih bersih.


9.  Klik menu filter-->blur-->gaussian blur, dalam hal ini tentukan nilai radius sesuai selera Anda.


10. Klik OK, jadilah sketsa karya Anda


Maaf tutorialnya terlalu bertele-tele, sangat berbeda dengan tutorial yang disajikan para master photoshop, tapi semoga tulisan ini bermanfaat bagi diri sendiri khususnya, dan bagi pembaca umumnya. Tinggalkan komentar Anda bila ada kesalahan saya dalam menyajikan tulisan ini.

3 komentar:

  1. Kalau yang kayak kartun gitu gimana ya ? soalnya pengen bgt bikin wajah yg kayak kartun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo, kartun kayaknya vector deh gan, masih belum bisa

      Hapus
  2. Hehe, kalo photoscape gimana yah :)
    Kayaknya ada yg efek kayak gitu....

    BalasHapus

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.