Senin, 11 November 2013

Membatasi Jumlah Karakter/Kata Pada Judul Wordpress

Entah harus membuat judul apa yang benar. Yang jelas fungsi berikut berfungsi untuk membatasi jumlah kata/karakter pada judul posting wordpress kita. Saya butuh fungsi ini karena berada dalam kondisi:

1. Saya sedang develop template wordpress, dimana saya ingin kotak judul itu mempunyai fixed width, maka dari itu untuk menghindari kesemrawutan tampilan, saya harus membatasi jumlah karakter/kata pada judul yang ditampilkan.

Setelah muter2 ternyata gampang untuk melakukan itu, cukup menggunakan fungsi substr, berikut lebih jelasnya.

Misal:
Judul post = Saya ini anak pendiam baik hati nggak sombong suka menabung

Jika kita menampilkan judul dengan kode default wordpress seperti ini:
 <?php the_title();?>

maka outputnya akan panjang seperti di atas. Kemudian dengan sedikit permak fungsi substr berikut:
<?php echo substr(get_the_title(),0,20).'...';?>

maka outputnya seprti berikut:
Saya ini anak pendia...

Yah intinya begitu, intinya limit character. Juga bisa dengan limit words, tapi kurang efektif. Jika ngotot mau pake limit_words ya monggo, berikut fungsi yang harus dimasukkan ke functons.php:

function limit_words($string, $word_limit)
{
$words = explode(" ",$string);
return implode(" ",array_splice($words,0,$word_limit));
}

Untuk memanggilnya hampir sama sih:
 <?php echo limit_words(get_the_title(),5).'...';?>

Fungsi di atas berfungsi untuk menampilkan judul hanya 5 kata saja, jika dijalankan outputnya seperti berikut:
Saya ini anak pendiam baik

Mau pilih mana? Terserah sampean.

1 komentar:

  1. wah ini artikel yang saya cari2, soalnya saya punya banyak author yang nulis judul artikel puanjang2. trims atas info ini,
    www.alikzona.com

    BalasHapus

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.