Selasa, 26 Agustus 2014

Pengalaman Mencairkan WU Melalui iBanking CIMB Niaga

Rasanya lama sekali tidak update di blog pertama saya ini. Di kesempatan ini saya mau berbagi tentang pengalaman saya mencairkan WU (Western Union) melalui iBanking CIMB Niaga. Sudah 3 tahun saya menjadi nasabah CIMB Niaga, ini adalah satu satunya Bank yang paling lama saya gunakan, setelah sebelumnya sempat dikecewakan dengan BRI sehingga saya tidak pakai BRI lagi. Lebih tepatnya bukan kecewa sih, tapi gara-gara biaya bulanan yang lumayan untuk pelajar seperti saya. Per bulan dapat dikenakan potongan sebesar Rp 10.000, memang terlihat sedikit. Tapi jika nominal tabungan hanya sedikit itu akan terasa sekali. Pada akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan CIMB Niaga Syariah, alhamdulillah tanpa potongan bulanan juga tanpa bungan sama sekali karena memang sistem Syariah mungkin. Nggak papa, menurut saya cukup fair lah. Singkat cerita saya krasan dengan CIMB Niaga, pelayanan CSnya juga bagus dan terlebih lagi tellernya tidak seramai Bank lain (di kota saya), jadi kalau ada keperluan (setor, CS, dll) tidak perlu antre terlalu lama.

Kembali ke pokok bahasan yaitu pencairan Western Union. Tepatnya tanggal 20 Agustus kemarin saya baru tahu kalo ada fasilitas Receive Money di aplikasi iBanking CIMB Niaga, setelah saya klik ternyata fasilitas itu adalah untuk mencairkan dana dari Western Union. Jadi hanya memasukkan MTCN, seharusnya dana bisa langsung masuk ke rekening kita.


Kenapa saya bilang seharusnya? karena saya gagal untuk mencairkan WU melalui iBanking CIMB Niaga. Rasanya nyesek sekali. Alih alih girang karena bisa cair tanpa ngantri, yang ada MTCN saya menjadi bermasalah. Pada saat saya memasukkan MTCN dan klik Next, rasanya senang sekali karena nominal/detail dari MTCN bisa tampil di layar, namun semuanya berubah ketika saya memasukkan mPIN dan memproses transaksi. Proses berlansung lama sekali (hanya loading saja di browser). Setelah penantian, ternyata muncul di layar kalau "Transaction Failed". Seketika bingung melanda saya, bagaimana tidak ini baru pembayaran kedua Google Adsense saya, yang sudah saya rencanakan untuk biaya daftar ulang semester ini. Setelah mengetahui kalau gagal, akhirnya saya coba lagi, ternyata apa? baru memasukkan MTCN, nominal tidak muncul dan langsung muncul pesan "Please Check your MTCN code". Jika dilihat dari pesan tersebut, sistem mendeteksi bahwa MTCN sudah tidak valid lagi. Dalam fikiran saya mungkin pada transaksi pertama berhasil, namun koneksinya time out, akhirnya dana tidak masuk (tapi sebenarnya dana sudah cair). Saya coba berkali-kali ternyata tetap gagal. Oh No!

Konfirmasi Ke Customer Support CIMB Niaga

Di benak saya yang ada hanya sedikit kebingungan dan panik serta ingin segera konfirmasi dan mengajukan keluhan kepada Customer Support CIMB Niaga. Namun sayangnya hari itu adalah hari minggu, maka saya harus menahan keinginan saya untuk menemui Customer Supportnya CIMB Niaga. Akhirnya hari Senin tiba juga, pagi-pagi saya datang ke kantor CIMB Niaga untuk melaporkan insiden ini (kaya kecelakaan saja). Setelah mengadukan insiden ini, saya diminta untuk ke CIMB Mikro karena di kantor yang saya datangi sudah tidak melayani WU. Saya diminta untuk mengecek MTCN saya apakah ada masalah. Akhirnya saya menuju CIMB Mikro yang lokasinya tidak jauh dari kantor Bank Cabang yang saya datangi. Setelah sampai sana ternyata aplikasi untuk WUnya error, saya disuruh untuk ke Kantor Pos langsung. Setelah di kantor pos, petugas yang melayani saya kebingungan karena MTCN saya bisa dilacak (valid) akan tetapi tidak bisa dicairkan. Setelah menunggu lama, saya dipanggil dan diminta untuk menghubungi CS Western Union Jakarta (Pusat) untuk menanyakan perihal insiden ini.

Karena gagal di CIMB Mikro dan Kantor Pos, akhirnya saya kembali menemui CS CIMB Niaga untuk melaporkan hal ini. Di sana akhirnya dilakukan pengecekan lebih lanjuk terhadap transaksi iBanking saya. Dan akhirnya keluhan diterima, dan dilaporkan ke pusat CIMB Niaga. "Mungkin terjadi kesalahan pada aplikasi iBankingnya pak, saya buatkan berita acara dulu untuk dilaporkan ke pusat. Maksimal 14 hari bapak akan saya konfirmasi, jika memang bisa ditransaksikan ulang, dana akan langsung masuk ke rekening Bapak", ujar pak CS. Walaupun belum cair, setidaknya sudah lega karena sudah ada tindakan walau harus menunggu 14 hari. Semoga tidak sampai 14 hari saya sudah mendapatkan kepastian dan yang pasti semoga tetap bisa cair. Aamiin.

Sekian cerita saya tentang pengalaman mencairkan WU melalui iBanking CIMB Niaga, semoga ini bisa menjadi pengalaman bagi saya dan teman-teman. Sebaiknya ke kantor pos saja kalau mencairkan Western Union.

2 komentar:

  1. Mas Imam, kalo bisa tolong di share lagi berapa lama masalah itu bisa selesai dan duit bisa masuk ke rekening.
    Saya rencana mau pake ini juga, tapi pas masukin MTCN error mulu, alhasil langsung aja ke Kantor Pos.
    Trus apakah sekarang masih menggunakan CIMB untuk pencairan adsense?

    BalasHapus
  2. Oh kejadian seperti ini juga menimpa saya, tetapi hal yg saya lakukan adalah mengecek MTCN saya Secara online di situs WU. Akan kita dapati bahwa uang kita di hold sementara. Yg selanjutnya saya lakukan adalah telpon CS WU. Bisa dilicari nomor telpnya di internet. Setelah saya hubungi, CS WU meminta saya mengirimkan MTCN dan photo KTP depan belakang melalui email. Setelah menunggu beberapa jam MTCN kita status yg statusnya on hold akan berubah jadi ready for pick up. Setelah itu kita ulangi kembali proses seperti awal, alhamdulillah masalah teratasi. CS WU sangat responsif dan membantu sekali. Jd tidak perlu menghubungi CS Cimb Niaga karena mereka tidak begitu menguasai produk WU.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.