Minggu, 22 Agustus 2021

Konversi SQLite3 ke MySQL

 Import dari CSV dalam ukuran besar ke mysql sering kali gagal. Gak tau kurang hoki atau gimana, udah coba pake shell atau tool desktop based lain sering gagalnya. Kalo data ukuran masih di MB mungkin bisa. Ini datanya GB an ukurannya. Jadi perlu sedikit akal untuk melakukannya. Nah dari CSV ku ubah dulu ke SQLite pake DB browser for SQLite yang bisa dicari di google, gratis. Import 2jt - 4jt row cepet banget. Nah dari SQLite ini baru ku ubah jadi SQL.

Muter muter ke google, ketemu library python yang sangat berfaedah. Bisa dicek di sini: https://pypi.org/project/sqlite3-to-mysql/

Tinggal install library itu dengan perintah:

pip install sqlite3-to-mysql

Tentunya pastikan udah ada python di komputer kamu ya, caranya cari di google bejibun banget. Setelah keinstall library tersebut, tinggal deh jalanin di command promt. Pastikan kamu udah masuk ke direktori dimana file sqlite mu berada ya:

sqlite3mysql -f sqlite.db -d dbname -u user -p -q 

Artinya:

sqlite3mysql : perintah dasarnya

-f sqlite.db : ubah sqlite.db dengan nama file sqlite mu

-d dbname :  ubah dengan nama database mysql mu

-u user : ubah dengan nama user mysql mu

-p : nanti keluar promt buat masukin pasword mu

-q : silent


Tekan enter dan masukin password mysqlmu, selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.