Minggu, 22 Agustus 2021

Menambahkan ID Auto Increment pada Tabel MySQL yang Sudah Ada

Akhir-akhir ini lagi seneng-senengnya bikin website dari Big Data, sebenernya gak Big Big juga, tapi row nya minimal 500rb lah. Nah data tersebut biasanya kuperoleh dari situs yang emang share data nya buat penelitian atau grab dari website besar. Masalahnya umumnya data yang dishare publik biasanya berbentuk json, csv atau xml. Butuh sedikit skill buat ngubah jadi database biar bisa dibuat website. Bisa juga sih buat website langsung pake json, csv atau xml, tapi ribet dan kurang efisien. Mau gak mau harus convert ke sql. Untuk convert ke sql dari json, csv atau xml akan saya bahas di post lain ya. Di post ini mau fokus share nambahin id pada tabel sebuah database yang sudah ada. Karena dari sononya gak ada id nya, sedangkan saya butuh banget id, karena engine yang saya pake mewajibkannya.

Tanpa babibu, langsung aja ya ini syntax SQL nya, bisa di paste di tool sql query kesukaan kalian (phpmyadmin, adminer, workbench, heidisql) atau mau di paste di shell mysql langsung juga bisa.

ALTER TABLE table_name ADD id INT NOT NULL AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY FIRST;

Keterangan:

ALTER TABLE : perintah untuk mengubah/memodifikasi struktur tabel mysql

table_name : ganti dengan nama tabel yang mau diubah

ADD : perintah menambahkan field

id : nama fieldnya, saya pake name id, bisa diganti sesuka kamu

INT : tipe data integer

NOT NULL : tidak boleh kosong

AUTO_INCREMENT : perintah yang digunakan untuk membuat 'id' jadi auto increment

PRIMARY KEY : untuk membuat id nya jadi primary key

FIRST : meletakkan field 'id' di urutan paling awal dari field lainnya yang sudah ada di dalam tabel

 


Gambar proses altering table nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.