Sabtu, 09 Oktober 2010

CMS Apa Pilihan Anda?

Saya rasa semua sudah tahu apa itu CMS, tapi bagi yang belum tahu berikut saya kutipkan pengertian CMS dari Wikipedia :
"Sistem manajemen konten (Inggris: content management system, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web"
Dari pengertian dari wikipedia tersebut, saya menyimpulkan bahwa CMS itu seperti sistem operasi, tapi dalam hal ini adalah sistem operasi untuk mengolah isi, tampilan, dll. dari sebuah website. Itu menurut saya pribadi (agar mudah saya cerna), bagaimana menurut Anda sendiri?


Jika bicara soal CMS tidak akan cukup dalam satu artikel ini, keterangan yang lain yang lebih jelas bisa Anda cari di mbah Google. Banyak sekali vendor CMS sekarang ini, tapi dalam hal ini saya hanya akan membicarakan Joomla dan Wordpress. Dua CMS yang sudah kondang di dunia CMS. Dua CMS itu adalah CMS yang paling banyak digunakan akhir-akhir ini. Tapi, bagaimana menurut Anda? CMS apa yang Anda pilih? Joomla ataukah Wordpress? Kalau saya pribadi lebih suka Joomla, karena lebih mudah menurut saya pribadi (dulu juga sempet diajari soalnya, mapel jurusan TKJ). Anda bisa lihat karya saya di sini. Situs itu saya buat sebagai bahan praktek waktu diajari soal CMS dulu, sekarang bisa dikatakan saya sudah jatuh cinta dengan Joomla, karena sangat mudah dan instan menurut saya, tanpa script yang bikin kepala botak, hehehe.

OK, selanjutnya Wordpress. Saya pernah mencoba sih membuat web dengan wordpress, tapi nggak familiar banget bagi saya. Dan saya sering mengalami kesulitan, tapi mungkin berbeda bagi pecinta wordpress. Mungkin wordpress adalah CMS terbaik menurut mereka, karena mereka bisa. Mungkin jika saya telah menguasai wordpress, bisa saja saya jatuh cinta dengan wordpress. Sekarang saya tanya lagi kepada Anda? Worpress atau Joomla? Itu terserah Anda, jika Anda mudah menggunakan Joomla, pakailah joomla. Tapi jika Anda lebih mudah menggunakan wordpress, pakailah wordpress. Jangan bingung jika Anda belum bisa menguasai kedua-duanya, banyak sekali tutorial yang bertebaran di internet yang membahas tentang 2 CMS itu. Jadi, masih lebar sekali kesempatan Anda buat mempelajarinya. OK, sekian artikel ini semoga bisa membawa manfaat. Bila ada yang ingin dibuatkan website bisa menghubungi saya. Hehehe...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.