Kamis, 07 Oktober 2010

Menyembunyikan Partisi/Drive Letter Hardisk

Postingan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya saat bekerja di warnet. Ilmu ini saya dapat ketika Boss saya ingin menyewakan komputernya untuk dijadikan client. Tapi, Boss minta agar datanya yang di D: dan di E: tidak bisa diakses oleh pengguna warnet. Akhirnya kondisi itu memaksa saya untuk googling dan akhirnya saya mendapatkan ilmu menyembunyikan letter harddisk ini dari sebuah forum di indowebster. OK, langsung saja berikut langkah-langkahnya :

1. Klik menu Run-->ketikkan diskpart



2. Maka akan muncul tampilan command promt seperti di bawar ini:


3. Ketikkan perintah list volume untuk melihar daftar partisi/letter harddisk Anda :


4. Kemudian pilih partisi yang akan Anda sembunyikan sesuai dengan volume yang tertera pada daftar partisi tadi dengan cara ketikkan perintah select volume 1 (dalam hal ini saya memilih volume 1 untuk menyembunyikan drive D:). Bisa diganti sesuai dengan volume partisi yang ingin Anda sembunyikan.


5. Ketikkan perintah remove letter d, selesai deh. Reboot komputer Anda maka partisi D: di komputer Anda akan hilang.
Selanjutnya untuk mengembalikan partisi yang Anda sembunyikan akan saya tulis pada artikel berikutnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.