Jumat, 08 Oktober 2010

Membuat Halaman Kontak di Blogger

Umur blog ini memang masih sangat muda sekali, karena saya baru nyemplung di dunia perbloggingan, hehehe. Oleh karena itu saya sering melakukan blogwalking untuk mencari inspirasi buat blog saya. Saya lihat-lihat blog itu dan mengamatinya kemudian berfikir gimana cara membuatnya biar bisa seperti blog yang saya lihat. OK, langsung saja ilmu ini saya dapat ketika blogwalking ke blognya Kang Umar Hasyim kakak kelas saya dulu, yang sudah eksis di dunia blogging. Anda bisa melihat blognya di sini.

Kemudian saya berfikir gimana cara membuatnya? Apakah menggunakan coding css yang rumit? Ternyata tidak, caranya cukup instan yang juga saya temukan di blog Kang Umar Hasyim. Berikut caranya :

1. Silahkan log in ke akun google Anda
2. Kemudian klik di sini untuk menuju halaman Google Docs, berikut screen shootnya:


3. Klik menu create new-->form, Anda akan tertuju ke halaman edit form :


4. Ketikkan judul form Anda di kotak untitled form, misal Contact Us
5. Ketikkan deskripsi judul form Anda
6. Selanjutnya tulis perntanyaan Anda di kotak Question Title
7. Tentukan jenis jawaban dari pertanyaan Anda di kotak Question Type, di situ Anda bisa memilih:
  • Text : untuk jawaban berupa teks singkat
  • Paragraph Text : untuk jawaban berupa teks paragraf
  • Multiple Choice : untuk jawaban berupa pilihan
  • Checkboxes : untuk jawaban berupa cheklist
  • Choose from a list : untuk jawaban berupa pilihan bernomor
  • Dan ada Scale dan Grid yang belum saya coba.
8. Centangi "Make this a required question" bila ingin menjadikan pertanyaan Anda wajib untuk dijawab.
9. Setelah selesai klik save
10. Untuk mendapatkan embed kode, klik menu more actions-->embed
11. Copy dan paste embed tersebut ke dalam halaman blogger atau postingan Anda.
12. Selesai, semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.