Senin, 11 Oktober 2010

Mengatasi USB Device Not Recognized

Pusing banget, lagi capek juga. Tiba-tiba bos ngasih perintah, "dek client 1 ra kenek digae nyetel flashdisk?". Itu bahasa Indonesianya begini "dek client 1 USBnya ndak bisa buat buka flashdisk?". Waduh, gimana nih? bingung juga, karena juga lagi boring. Sempet berfikir, wah mungkin aja USBnya kena arus balik listrik terus ICnya terbakar, atau flashdisknya yang rusak. Itu yang muncul di fikiran saya. Tapi saya juga lagi males bongkar komputer, akhirnya kefikiran deh sebuah ide cemerlang. Kenapa nggak tanya mbahku saja yang super sakti membantu mengatasi semua masalah. Tertuju pada shortcut Mozilla Firefox di desktop, langsung double klik dan menuju ke pangkalan mbahku, mbah google, hehehe. Langsung deh ngetik 'usb device not recognized', tanpa menunggu lama muncul banyak jawaban dari mbah google, berikut screenshootnya :

Di screenshoot di atas ada 5 jawaban terbaik dari mbah google, tanpa fikir panjang saya langsung ngeklik the best answer dari mbah google, kemudian tertuju ke online-tech-tips.com. Yah dari situlah saya dapat jawabannya. Di situs itu disebutkan bahwa cara yang paling ampuh adalah sebagai berikut :

1. Matikan komputer dan cabut kabel power, kabel monitor dan kabel lain yang mengandung listrik yang terhubung dengan komputer,
2. Biarkan komputer mati beberapa saat, sembari komputer dalam keadaan mati, cek apakah kabel USB ke motherboard terhubung dengan baik atau tidak? pada waktu itu kabel USB sudah menancap, tapi saya cabut dan saya tancapkan lagi.
3. Setelah itu, nyalakan kembali komputer, tentunya sudah terhubung sumber listrik dong, hehehe.
4. Lihat keajaibannya. Setelah komputer nyala, kemudian saya tancapi flashdisk, berikut hasilnya :


5. Al hasil port USB sudah bisa mendeteksi kembali, seneng banget deh. Tanpa butuh waktu dan tenaga lebih, Job Done.

Itulah sedikit ilmu dari pengalaman saya. Maaf sangat singkat. Jangan jadikan tulisan ini sebagai patokan untuk mengatasi "USB Device Not Recognized", karena cara ini tidak selalu bisa digunakan. Jika cara ini tidak bisa, silahkan klik di sini. Ada cara lain yang mungkin lebih ampuh dari cara goblok seperti ini.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda setelah Anda membaca tulisan saya. Anda bebas menggandakan artikel dari blog ini asal tuliskan tautan balik blog ini.Terima kasih atas kunjungan teman-teman.